Sabtu, 05 Januari 2013

Ayam Goreng Mbah Cemplung, Desa Wisata Kasongan.

Kasongan merupakan sentra produksi dan penjualan kerajinan tangan seperti keramik, serat dan kayu, dan bagi wisatawan domestik, tempat ini merupakan kawasan untuk belanja. Di kawasan ini juga ada tempat makan yang enak yaitu ayam goreng Mbah Cemplung. Lokasinya didesa Sendang Semanggi yang juga tempat tirakat pada malam Jumat atau Malam Selasa Kliwon.

Siang ini aku berusaha datang ke tempat ini yang jauhnya kira kira 8 km dari Jogja.
Tidak nyesal karena ayam kampung gorengnya sangat enak hingga habis 2 potong. Juga, kombinasi sambel yang pedes dan nasi yang mengepul membuat makan lebih bernafsu.  Selain ayam, adanya hanya bacem tempe. Tidak ada sayur, hanya irisan ketimun. Sambalnya pedes maknyus, dan ada 2 pilihan, yang mentah atau yang mateng. Aku pilih yang mentah dan ternyata asyik.
Warungnya cukup sederhana, dan sudah berusaha sejak tahun 1977. Mbah Cemplung sudah meninggal 5 tahun lalu, dan usahanya diteruskan oleh keluarganya.
Warung ayam goreng Mbah Cemplung buka dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Harga ayam per potong Rp 11000 - Rp 13000.

Untuk kesana, pergi ke Kasongan, dan masuk kedalam kira2 1 km. Ada tugu belok kanan, dan terus saja. Setelah mesjid, ada lagi tugu dan belok kanan. Beberapa ratus m, akan terlihat gapura penunjuk. Tapi sebaiknya tanya saja penduduk supaya tidak nyasar.
Saya sarankan, mengkombinasikan belanja di Kasongan dan makan ditempat ini dijamin puas gan. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar